Membangun website Dinamik menggunakan PHP


PHP merupakan kepanjangan dari “Hypertext Preprocessor” merupakan bahasa pemrograman yang bersifat Server Side (berjalan disisi server) yang disisipkan pada kode bahasa HTML. Sintaks penulisannya mirip dengan Bahasa C, Perl dan JAVA. Tujuan utama penggunaan bahasa oleh perancang web adalah untuk membuat halaman web yang dinamik dan cepat.

HalamanHTML merupakan halaman web yang disusun dengan kode-kode yang berekstensi “*.HTML”. File HTML ini dikirim oleh server ke browser kemudian browser menerjemahkan kode-kode tersebut sehingga menjadi suatu tampilan. Lain dengan PHP, kode program pertama kali diterjemahkan oleh web server dulu baru kemudian di tampilkan menjadi kode HTMl. Kode HTML biasanya di awali dengan tanda pembuka “atau “dan penutup dengan tanda ?>.
Tanda ini merupakan tanda escape (kabur) dari kode HTML. Kode yang telah dibubuhi bahasa PHP disimpan dengan ekstensi *.php atau *.php3.

Aplikasi yang kita buat, baik itu bersifat e-commerce, situs pribadi, pendidikan, maupun bisnis, yang membutuhkan halaman yang dinamik, biasanya menggunakan PHP, sehingga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa membuka dan merubah kode-kode di dalamnya. Namun kekuatan utama php adalah pada konektivitas dan sistem database yang ada didalamnya. Sistem database yang mendukung untuk php dan biasanya dugunakan adalah :

  • MySQL
  • PostgreSQL
  • Oracle
  • Sysbase
  • Dan lain-lain

Php dapat berjalan seperti sistem Windows NT/2000/XP, Unix/Linux, Solaris maupun Macintosh. Php merupakan software opensource yang bisa didownload secara gratis pada situsnya www.php.net.

Kode-kode php tersebut bisa berjalan pada web server seperti PWS (Personal Web Sever), Apache, IIS (Internet Information Service ->biasanya ada dalam satu paket Sistem Operasi Windows NT/XP/2000), AOLServer, Fhttpd, Phttpd dan lain-lain. Untuk instalasi web server yang komplit pada umumnya menggunakan XAMPP, yang didalamnya sudah terdapat paket untuk MYSQL, dan apache. Sehingga tidak perlu lagi mendownload dan menginstal software tersebut satu persatu. Sama halnya dengan software PHPTriad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s